Novel vs Film

Saya pernah cerita tentang dua buku yang saya baca, satu buku Cinderella Man dan satunya buku Pintu Terlarang.

Keduanya buku yang cukup bagus, walaupun saya kurang begitu tertarik dengan novel Cinderella Man. Kalau novel pintu terlarang, lumayan baguslah.

Jumat lalu saya iseng-iseng mendaftar di Video Ezy untuk sewa-sewa VCD, ternyata saya menemukan dua film yang sudah saya baca novelnya itu. Akhirnya saya pinjem deh.

Perlu saya jelasin kalau kedua novel vs film ini memiliki latar belakang yang berbeda. Pada Cinderella Man, filmnya dulu dibuat, baru novelnya. Sedangkan pada Pintu Terlarang, novelnya dulu dibuat, baru difilmkan.

Ternyata hasilnya jauh berbeda. Apalagi dengan prolog saya sudah membaca kedua novelnya terlebih dahulu. Film Pintu Terlarang jauh lebih dahsyat dari yang saya bayangkan.

Ini resensi saya tentang novel Pintu Terlarang :

Cerita mengalir hingga tiga cerita ini perlahan mulai menunjukkan benang merah hampir di akhir-akhir cerita. Ujungnya agak sadis *saya membayangkan gimana ya dengan filmnya*, walaupun ujungnya cukup happy ending (sebenernya apa sih arti hepi ending heheheee… pokoknya akhir ceritanya melegakan lah)

Ternyata memang filmnya sadis, lebih sadis dari Final Destination : Rest in pieces🙂

Berbeda dengan Cinderella Man, filmnya juga dahsyat, banyak sekali adegan-adegan menyentuh yang tidak saya dapatkan “feel”nya di dalam buku.

Berikut cuplikan postingan resensi saya :

Sayang, saya kurang begitu tertarik dengan cara Cerasini menuliskan cerita ini. Entah kenapa, kok saya ga dapet feel-nya. Ga ada perasaan geregetan, marah, sedih, gembira atau lainnya saat membaca hari-hari Braddock yang penuh kepedihan. Ada sih, tapi ga banyak. Padahal kalau saya berimajinasi sendiri, saya merasa si Braddock ini benar-benar menderita dan helpless.

Finally saya menyimpulkan sendiri (ini pendapat pribadi saya), memang biasanya lebih bagus novel dibuat film daripada sebaliknya heheee… Tapi ini kan perbandingan 2 film/novel aja ya, tidak bisa mewakili keseluruhan. Yang jelas saya suka dua film itu. You must see!

One thought on “Novel vs Film

  1. haiii …makasih ya udah mampir di blog aku.
    aq ijin nge-link blog kamu ya???
    wah saya juga suka cinderella man..film menyentuh…russel crowenya actingnya mantep😀

Leave a Reply

