Cerita Rekrutmen

Akhirnya saya punya kesempatan untuk cerita suka dukanya menjadi anggota tim rekrutmen di kantor…

Actually, saya tidak punya pengalaman sebelumnya dalam menghandle kegiatan rekrutmen berskala besar dengan sistem birokrasi yang cukup panjang. Sebelumnya, saya pernah bekerja selama kurang lebih 2 tahun menghandle kegiatan rekrutmen, tapi dalam skala kecil, dalam arti, orang yang direkrut jumlahnya tidak banyak, paling banyak 10 orang. Tapi memang nyarinya mati-matian, kerjanya sendiri, paling banyak 2-3 orang yang mengerjakan, belum lagi user mintanya cepet… apalagi kalau kerja di konsultan, heheheee….semakin cepat dapet kandidat, semakin cepat mendapat keuntungan, jadi selalu deadline setiap hari.

Kembali ke cerita semula..

Tujuan melakukan rekrutmen perusahaan pada dasarnya sama saja, yaitu mengganti posisi-posisi yang kosong dan/atau akan kosong karena si pemegang posisi/jabatan tidak dapat melanjutkan tugasnya lagi (entah karena akan pensiun, resign, sakit, meninggal, atau hal-hal internal lain seperti ybs akan dipromosikan, dimutasi/rotasi ke tempat lain). Kebutuhan inilah yang menjadi landasan jumlah kandidat yang akan direkrut. Di perusahaan tempat saya bekerja, kebutuhan akan calon karyawan baru tertuang dalam rencana kerja tahunan, dengan menganalisa jumlah karyawan yang akan pensiun dan dikombinasikan dengan formasi organisasi yang ada.

Kegiatan pra rekrutmen dimulai dengan menganalisa sistem rekrutmen yang tepat, efektif, dan efisien dalam mencari kandidat. Karena sudah beberapa tahun terakhir perusahaan menyelenggarakan kegiatan rekrutmen secara rutin, maka hal ini tidak terlalu memusingkan. Tahap-tahapnya sudah jelas, hanya untuk pertama kalinya, perusahaan menetapkan kebijakan rekrutmen menggunakan sistem online. Hal ini sejalan dengan efisiensi, efektivitas, dan tentu saja dalam rangka lebih maju dari sisi teknologi.

Tahap rekrutmen terdiri dari beberapa tes, yaitu seleksi administrasi, Tes Aptitude, TPA, TOEFL, Psikotes tertulis dan wawancara, dan Tes kesehatan serta wawancara akhir.

Alhamdulillah saya dipercaya untuk memback-up tahap psikotes, mulai dari menghubungi kandidat konsultan, memfasilitasi perusahaan dalam mencari konsultan psikologi yang terbaik, baik dari segi cost maupun kompetensi, hingga sebagai tenaga counterpart dari perusahaan untuk menelaah standar-standar kompetensi yang telah dibuat oleh konsultan agar dapat sesuai dengan kultur dan tuntutan jabatan. I really love this job🙂

Ternyata kegiatan rekrutmen untuk mencari lebih dari 250 orang ini, merupakan kegiatan yang sangat padat dan menyita waktu. Printil-printilnya itu loh yang bikin ribet, misalnya surat menyurat, booking tiket pesawat, hotel untuk konsultan, cari gedung/tempat tes, kontrak konsultan, sampai pembayaran, dll… Butuh ketelitian dan konsistensi dalam melakukan seluruh kegiatan, jika agak kurang teliti dikit, bisa jadi selanjutnya jadi merugikan.  Kemarin saya juga sempet agak kurang teliti dikit,  maklum…pengalaman pertama… akibatnya memang ga terlalu ngaruh, tapi agak menggemaskan🙂

But anyway, cukup seru juga pengalaman pertama ini. Banyak sekali hal-hal baru yang saya pelajari. Hasilnya juga tidak terlalu mengecewakan. Mudah-mudahan calon karyawan yang baru ini bisa ikut memberikan kontribusi bagi perusahaan…🙂

10 thoughts on “Cerita Rekrutmen

  1. Amiiiin,,nanya nh mba.kapan ya penempatan per unit kerja diumumkan,terutama bagi rekans yg ditempatkan di daerah,tq b4..

  2. Four thumbs up….mba,
    oh ya mba,klo untuk formasi smu or d3 berpengalaman.apakah grade nya sama or berbeda dengan formasi smu or d3 yg fresh graduate,mengingat umur ,kompetensi,masa kerja efektif.dll mba,he2…maaf klo pertanyaan saya lancang…
    Warm regards.

  3. Assalammualaikum, mbak virgi mau nanya, kapan ya kira2 penempatan u formasi gudang, kabarnya awal januari 2010 kami yg formasi gudang sudah ditempatkan didaerah. Trims ya mbak virgi

  4. @guntur : penempatan daerah mudah2an awal 2010 sudah ke daerah2…
    @lucky : kalo itu..saya ga bisa jawab, nanti coba saya tanyakan dan sampaikan ke manajemen..🙂

  5. aku juniormu di psiko dulu mbak..2001,tmen dini murbarani..seneng d baca pengalaman mbak Gie..kebetulan ak jg di bag.kepegawaian,cm PNS di RSU jd gak seribet mbak Gie..he..Pengen menimba pengalaman ma mbk Gie tp qta jauh yaa..sukses ya mbaaak..

  6. halo dian🙂

    iya aku masih inget kok sama kamu… ooo di RSU toh skrg? RSU mana? kok bisa mampir ke blog ku, gimana ceritanya?

  7. assm. mbak virgi kira2 kpn ya pengumuman penempatan u anak pemasaran slta diumumkan? kalau boleh usul mbak januari kan udah mulai penempatan kalau bisa 1 bulan sebelum bisa diumumkan penempatannya jadi bisa siap2 mbak siapa tau ada keluarga ditempat yg akan dituju jadi bisa bantu cari tempat tinggal yg strategis mbak. trims mbak atas perhatiannya.

  8. hi my big… or lil sista!!! he4.

    cm penasaran, np ya, ak iseng ngetik namaku, kok keluar blogmu yaiy…?
    sgitu cintakah kau pd ku? mpe namaku dsangkut2in di blogmu ?
    pdhl frenster g ada. fb palagi, ak g punya…

    just wondering…:-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s