Oh Masjid Agung, betapa malang nasibku…

Jumat malam, jam 18.40 WIB..

Setelah menikmati hidangan berbuka puasa, saya iseng-iseng mampir di Masjid Agung. Masjid Agung di Palembang yang terletak di tengah-tengah kota Palembang, siapa orang Palembang yang tidak kenal dan tidak bangga dengan desain arsitekturnya yang indah, dengan halaman yang luas dan ruangan yang sejuk khas masjid pada umumnya, ditambah dengan perpaduan budaya Melayu dan China. Sayangnya…….segala keindahan itu terasa berkurang nikmatnya…….kala……

Kita harus merogoh kocek lebih bila ingin beribadah di sini.
Pertama kali masuk, saya sudah harus ditempel ketat oleh orang yang menawarkan sandal jepit untuk mengambil wudhu. Hilanglah seribu rupiah…
Lalu, di depan pintu tempat berwudhu (yang tempatnya masih ga karuan karena baru diperbaiki), sudah menunggu “kotak infaq” yang dijaga oleh seorang laki-laki yang (sayangnya) tampangnya lebih mirip preman daripada orang yang rajin sholat. Seribu rupiah kedua ikut tergerus dari kantong saya…..
Setelah sholat di dalam masjid, tibalah saat terakhir. Saya pikir penderitaan sudah cukup. Ternyata, saat mengambil motor yang parkir, “tukang parkir” sudah siap di sana. Dan berakhirlah cerita seribu rupiah ketiga saya….

 

Saya menghembuskan nafas dalam-dalam… Oh, betapa mahalnya harga yang harus dibayar oleh seseorang bila ingin beribadah di masjid kebanggaan orang Palembang ini…. Bila setiap sholatnya seseorang harus membayar 3000 rupiah, bayangkan bila di bulan Ramadhan ini, saya ingin sholat tarawih (hanya sholat tarawih) setiap malamnya di sini, betapa sedihnya nasib saya dan ribuan orang lainnya……..

Bukannya saya nggak ikhlas, tapi saya hanya prihatin….Pemerintah seharusnya lebih peduli dengan masalah ini….masa saya harus bawa sendal jepit, tidak pakai kendaraan, dan sudah berwudhu dari rumah, hanya untuk menghindari segalanya itu?

Leave a Reply

