Menarik untuk menelisik cara terkini seorang job hunter dalam mencari lowongan pekerjaan. Media massa yang sempat disebut-sebut sebagai acuan utama pemberitaan, termasuk informasi lowongan pekerjaan, kini kedudukannya mulai terancam. Kehadiran internet mulai menggeser posisi koran. Hal ini beralasan karena menurut rekam Asosiasi Surat kabar Dunia (World Association Newspaper), oplah koran terus menurun, seperti di Amerika yang mengalami penurunan sebesar 5%, Eropa 3%, dan Jepang 2%. Sementara itu, jumlah pemakai dan pelanggan internet semakin bertambah. Bila pada tahun 1998, jumlah pemakai internet hanya berkisar lima ratus ribuan, maka di akhir tahun 2005, APJI (Asosiasi Pengelola Jasa Internet Indonesia) mencatat, jumlah tersebut membengkak menjadi 16 juta pemakai. Secara kasat mata juga dapat dilihat betapa warung internet semakin menjamur di berbagai tempat. Lengkaplah sudah kesimpulan yang dapat diambil, bahwa internet merupakan cara terkini seseorang dalam mencari informasi-informasi yang cepat dan mudah diakses, termasuk dalam mencari lowongan pekerjaan.

Melihat fenomena yang berkembang tersebut, perusahaan mulai melirik internet sebagai sarana pencarian talent untuk perusahaannya. Para eksekutif muda yang masih memiliki idealisme dan tantangan baru adalah orang-orang potensial yang menjadi incaran perusahaan. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian perusahaan yang akan memasang iklan lowongan pekerjaan di internet, baik melalui jasa internet outsourcing maupun melalui website perusahaan. Ada kecenderungan bagi pelamar untuk mengetahui seberapa bonafid perusahaan yang akan dimasukinya.

Penelitian oleh Braddy, Meade, & Kroustalis ( dalam Journal of Business and Psychology, Desember 2005) mencoba meneliti aspek-aspek website rekrutmen yang dapat meningkatkan persepsi pencari kerja terhadap budaya organisasi suatu perusahaan. Penelitian tersebut menemukan bahwa baik disain dan fitur-fitur dalam website maupun informasi-informasi mengenai nilai-nilai organisasi, kebijakan, awards, dan tujuan-tujuan perusahaan, mempengaruhi persepsi seseorang dalam melihat perusahaan secara keseluruhan.

Tentu saja ini merupakan kabar baik bagi perusahaan penyedia jasa alih daya on line. Para pelamar potensial, selain dapat mengakses lowongan informasi dengan cepat dan mudah, juga dapat mengetahui seberapa bonafid calon perusahaan yang hendak dilamarnya, dengan cara meng-klik link yang akan mengantarkannya ke halaman perusahaan yang bersangkutan. Dengan demikian, pelamar tidak asal memasukkan lamaran, dan dapat memperoleh informasi yang sejelas-jelasnya mengenai lowongan pekerjaan yang dibutuhkan maupun perusahaan yang melakukan perekrutan. Lebih jauh lagi, pelamar dapat merencanakan jejak karirnya dengan lebih matang karena dirinya dapat mengukur seberapa potensial perusahaan tersebut bagi masa depan pekerjaannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s