# 08.0367 = Tanggung jawab baru

Akhirnya… per tanggal 1 Oktober 2008 ini, saya secara SAH memiliki nomor badge sebagai karyawan tetap. Selama 6 bulan menyandang status sebagai TRAINEE, dengan nomor #08.0054, sekarang, memiliki badge #08.0367, yang sudah masuk ke dalam Sistem Informasi SDM.

Hufff…. tidak ada yang berubah secara drastis sebenarnya (kecuali kewajiban finger scan setiap pagi dan sore hari), karena selama masa training pun, kami telah dijejali setumpuk pekerjaan. Memang ada beberapa bagian yang memiliki load pekerjaan yang tidak terlalu banyak, sehingga banyak menganggur juga. Namun ada juga yang telah diberikan tanggung jawab yang cukup besar. Contohnya, teman-teman saya yang ditempatkan di area pabrik, telah diberikan tanggung jawab untuk mengawasi area pabrik tertentu (yang telah didefinisikan sebelumnya), atau membuat kontrak-kontrak perusahaan baik dengan karyawan maupun dengan pihak luar, atau mengikuti rapat-rapat yang menyangkut kebijakan baru. Bahkan ada juga yang sudah dinas keluar kota. Inilah yang menurut saya, suatu kesenangan tersendiri karena sudah dipercaya oleh para atasan, sekaligus suatu tanggung jawab baru bagi kami, para trainee.

 

Saya jadi teringat suatu artikel, lebih tepatnya sebuah blog yang diciptakan oleh seorang ex-trainee salah satu BUMN di Indonesia. Ybs, setelah beberapa masa mengikuti rangkaian training selama sekitar 1 tahun, lalu dianggap tidak oke, dan akhirnya tidak jadi diangkat oleh manajemen. Dia mengeluh bahwa tidak mudah menjalani training di BUMN tersebut, menjalani proses rekrutmen yang panjang dan melelahkan (biasanya memang BUMN atau perusahaan multinasional memiliki rangkaian proses rekrutmen yang terdiri dari beberapa tahapan, demikian pula BUMN tempat saya bekerja), sudah “diperah” keringat dan pikirannya dengan setumpuk pekerjaan di kantor cabang, tapi tidak diluluskan. Bersama dengan beberapa rekannya yang juga tidak lulus, sang provokator tersebut membuat blog yang menghujat BUMN yang bersangkutan.

Saya pikir hal tersebut tidaklah pantas dilakukan oleh seorang trainee sebuah BUMN terkemuka. Karena bila dia telah mengikuti serangkaian proses rekrutmen yang panjang, dan terpilih di antara sekian ribu (bahkan puluhan ribu) orang yang mengantri untuk mendapatkan tiket sebagai seorang trainee, maka seharusnya ia adalah orang yang terpilih, orang-orang yang memiliki nilai tambah di antara kandidat lainnya, dan harusnya memiliki kepribadian yang matang.

Hmmm….bagaimana pun, semua argumennya dapat dipatahkan. Dia bilang, dia harus mengikuti rangkaian proses rekrutmen yang panjang dan melelahkan. Namun dia tidak melihat seberapa besar kekecewaaan perusahaan yang bersangkutan, setelah ratusan juta rupiah mengeluarkan biaya rekrutmen, namun ternyata si trainee tidak perform dan terpaksa tidak diangkat menjadi karyawan tetap.

Dia juga bilang bahwa dia harus bekerja sama, bahkan lebih banyak dibandingkan karyawan lainnya, padahal statusnya masih seorang trainee. Nah, terus kalau trainee, dibiarkan saja berpangku tangan? Saya pikir justru harusnya dia bersyukur karena atasannya telah memberikan pekerjaan yang begitu banyak kepadanya sehingga ia bisa belajar dengan cepat, belajar manajemen waktu, manajemen stres, dsb. Ambil sisi positif atas segala beban (bila ingin disebut beban).

Nah, yang ini yang paling penting diantara semuanya. Bersyukurlah, karena ia masih diberi kesempatan untuk bekerja (walaupun hanya karyawan magang alias trainee) di sebuah perusahaan BUMN yang besar, sehingga ada pengalaman-pengalaman yang dia bisa ambil dan dapat dijadikan pelajaran dan ilmu tambahan baginya. Allah telah memberikan nikmat yang begitu besar, mengapa didustakan?

Yah,, semoga saya dan teman-teman saya di Pusri tidak diberikan situasi yang memungkinkan kami menghujat seperti itu. Karena saya juga yakin, teman-teman saya adalah pribadi-pribadi yang matang, terpilih, beriman dan bersyukur, sekaligus cerdas dan intelektuil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s