Kemajuan pesat dunia pariwisata Palembang

Kemarin saya menyempatkan diri ngabuburit di PTC (Palembang Trade Center). Salah satu kawasan perdagangan (saya pikir belom bisa dikatakan mall, soalnya, heheheee) di daerah Patal, bersebelahan dengan Hotel Novotel Palembang, merupakan sentra bisnis yang cukup menjanjikan. Di sini ada satu bangunan yang mirip konsep mall, yaitu one stop shopping. Ada Diamond, JM (salah satu ritel terkenal di Palembang, mirip-mirip seperti Matahari Dept Store), beberapa counter dari merek-merek yang cukup well-known, dsb. Di luar bangunan itu, ada ratusan ruko dengan jenis bisnis yang berbeda-beda pula. Ada juga kawasan futsal, tempat anak-anak muda sering menghabiskan waktu dan keringat. 

So, di kawasan ini lah, saya menemukan satu kios yang unik. Bentuknya mirip dengan gerai ATM, diletakkan di tempat strategis di lantai dasar PTC, tepatnya di dekat eskalator. Ternyata sebuah mesin online guide (ini pengertian saya sendiri, karena saya lupa namanya apa) mengenai tempat-tempat pariwisata di kota Palembang. Di dalamnya berisi peta pariwisata, peta sentra ekonomi, dsb. Layarnya touch screen gitu deh. Kalau kita klik peta pariwisata, misalnya, kita akan menemukan peta kota Palembang yang telah dilengkapi dengan tanda-tanda kecil di beberapa tempat yang merupakan tempat-tempat tujuan wisata. Kita tinggal sentuh saja tanda kecil tersebut. Misalnya Benteng Kuto Besak. Maka akan muncul sejarah dan beberapa informasi penting mengenai tempat tersebut, beserta, panduan bagaimana cara kesana, berapa lama, pakai transportasi/angkot yang mana, hingga jaraknya dari PTC.

Terus terang, ini pertama kalinya saya liat kios yang seperti ini. Bahkan, seingat saya, di Jakarta pun tidak ada yang seperti ini. Palembang telah membuat kemajuan besar, tentu saja sesuai dengan program Visit Musi 2008 nya ini. Saya mendukung sekali adanya kios-kios seperti ini yang lebih banyak. Mudah-mudahan sih ini bukan sekedar program saja. Perlu diintegrasikan dengan strategi pariwisata lain, agar lebih banyak turis yang berkunjung di Palembang dan menambah pendapat kota ini, hehehee….

3 thoughts on “Kemajuan pesat dunia pariwisata Palembang

  1. saya setuju.
    kelengkapan fasilitas akan sangat menunjang bagaimna suksesnya visit palembang 2009.

Leave a Reply

