Apa saja yang dipelajari di jurusan Psikologi?

Sejak diriku membuat blog ini tahun 2008, postingan secara konsisten dikunjungi adalah tulisan tentang Jurusan Psikologi. Banyak sekali komentar utamanya oleh adik-adik yang sudah akan lulus SLTA dan mungkin sedang mencari-cari jurusan apa yang paling cocok dengan keinginan serta disesuaikan dengan kemampuan. Terus terang saya agak kaget kok postingan saya ini termasuk yang rajin dikunjungi, padahal isinya cuma tentang “persaingan antar universitas” :) So, sebelumnya, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas apresiasi orang-orang yang sudah mampir ke blog saya, dan mohon maaf tidak dibalas satu persatu, karena biasanya sudah terjawab di bagian atas jadi tidak saya balas lagi :)

Anyway, gara-gara banyaknya komentar itulah, saya jadi ingin berbagi cerita tentang kuliah yang mungkin sudah “usang” karena saking lamanya saya meninggalkan bangku kuliah, tepatnya hampir 10 tahun yang lalu :)

Mengawali cerita pagi ini, izinkanlah diriku memperkenalkan diri sekali lagi, agar teman-teman yang membuka blog ini mengetahui latar belakang saya sekaligus dapat membandingkan apa yang saya dapat di universitas tempat saya ngampus belum tentu sama dengan kampus lainnya dan juga belum tentu sama dengan kondisi saat ini.

Saya kuliah di Psikologi (dahulu kala masih tersebut “Program Studi” yang berada di bawah Fakultas Kedokteran, tetapi saat ini sudah menjadi Fakultas sendiri) Universitas Diponegoro, Semarang. Angkatan Noceng (ada jaketnya loh, tulisannya PsikoNoceng, duuhh agak aneh sebenernya, tapi ya sudahlah, ikut aja sama desainer yang mbuat). Btw Noceng itu = angkatan 2000. Lalu lulus akhir tahun 2005 dan diwisuda Januari 2006.

Kuliah psikologi di awal-awal semester, jangan membayangkan langsung ngetes orang ya :) seperti kuliah-kuliah di tempat lain, tentu saja ada namanya pelajaran Kewarganegaraan *sstt saya cuma masuk hari pertama dan hari terakhir (untuk tau info kapan semesteran hehehe), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dll yang sudah sering “dimakan” pas sekolah.

Nah pelajaran yang paling seru dan belum pernah dapat di sekolah yaitu pelajaran Filsafat. Filsafat itu, katanya, pelajaran paling tua di dunia, sekaligus menjadi mata kuliah paling abstrak yang saya tahu :) Di psikologi, mata kuliah berbau Filsafat (dan yang menyedihkannya, semuanya mata kuliah wajib) ada 4, yaitu Pengantar Filsafat, Filsafat Ilmu & Logika, Filsafat Manusia, dan Filsafat Fenomenologi. Aseeem, dengernya aja baru sekali itu, gimana mempelajarinya :) So, siap-siap saja menguraikan dalam bentuk paper mengenai : mengapa sapi berkaki empat, mengapa manusia bisa berjalan, mengapa saya ada di sini, dll tapi tidak boleh dikaitkan dengan takdir, ketentuan Tuhan, dan sejenisnya :) Dan kita gak akan tahu apa fungsi dan keterkaitan ilmu filsafat ini sampai kita ada di dunia kerja dan berhadapan dengan kasus :) Jadi ya dinikmati saja hidangan kuliah filsafat hingga semester 5 bahkan 7 jika ngulang.

Anyway, dulu saya masih dapat kuliah dengan beban SKS yang cukup banyak, kalau saya tidak salah ingat, saya mengambil hampir 150 SKS, yang terbagi dalam 10 semester. Kalau jaman sekarang, banyak mata kuliah wajib yang dijadikan mata kuliah pilihan, sehingga semester 6 sudah bisa persiapan Skripsi, tapi jaman saya dulu, mata kuliah kayaknya gak abis-abis sampai semester 8, baru bisa konsentrasi memikirkan Tugas Akhir. Itu pun sebenarnya cukup menyedihkan karena faktanya, saya termasuk dalam rombongan S1 yang “tak diakui”.

Maksudnya?

Lulusan S1 Psikologi sebelum tahun 1993 dapat langsung membuka praktik dan dijuluki “psikolog”. Padahal dengan mata kuliah yang tidak terlalu jauh berbeda, karena sewaktu jaman saya kuliah (tahun 2000), mata kuliah Psikodiagnostik (nanti saya cerita ya apa itu mata kuliah psikodiagnostik) seluruhnya harus diambil alias wajib, tidak seperti sekarang yang merupakan mata kuliah pilihan. Jadi rasanya tidak adil karena faktanya saya belajar alat-alat tes dan belajar mengujinya tapi tidak diizinkan untuk membuka praktik dan dijuluki “psikolog” dan harus mengambil kuliah S2 dulu. Pernah saya lihat komentar orang yang intinya “gak susah kok ngambil kuliah S2″. Siapa bilang gak susah, mungkin ente ada di kota besar yang mudah mengakses universitas yang memberikan kuliah S2, tapi buat orang-orang lain yang sulit mengakses kampus, sehingga harus memikirkan biaya, waktu, tenaga untuk lanjut kuliah, it’s a different thing, you know :) -hehehe boleh ya curcol, khan blog sendiri.

Kembali ke…..laptop, yang ditulis dengan huruf miring itu boleh dibaca boleh tidak, karena pendapat pribadi :)

Selain mata kuliah Filsafat, mata kuliah lain yang wajib orang tahu sebelum masuk psikologi adalah Statistik. Ya, banyak orang yang salah mengira, masuk psikologi tidak akan ketemu dengan pelajaran hitung-hitungan, dan berharap dengan masuk psikologi, maka tidak akan pusing dengan matematika :)

Walaupun tidak terlalu njlimet, namun Statistika adalah ilmu yang perlu diwaspadai, heheee.. karena kebanyakan ya itu, teman-teman saya (termasuk yang ngomong), biasanya masuk ilmu sosial berharap tidak bertemu ilmu pasti, karena lemahnya disana. Statistika biasanya terbagi atas Stat 1, Stat 2. Ilmu ini dibutuhkan nantinya untuk menyusun Skripsi. Pernah lihat kan mahasiswa psikologi nyebarin kuesioner? Nah, setelah kuesioner disebar, akan diolah menggunakan ilmu ini, dengan bantuan software SPSS.

Selain mata kuliah yang mendasar dan “kelihatannya” tidak memiliki hubungan langsung dengan ilmu psikologi, tentu saja ada mata kuliah-mata kuliah yang memang mempelajari tentang ilmu psikologi, di awal-awal semester, mata kuliah yang biasa diberikan antara lain :

1. Psikologi kepribadian – mempelajari sejarah dan filosofi dasar pengelompokan kepribadian-kepribadian, jenis-jenis kepribadian, dll.

2. Psikologi umum – mempelajari seluruh aspek ilmu psikologi, jadi lebih ke perkenalan apa saja yang dipelajari dalam psikologi.

3. Psikologi klinis – mempelajari tentang masalah-masalah kejiwaan, jenis-jenis penyakit kejiwaan, sampai ke bagaimana penanganannya.

4. Psikologi perkembangan – mempelajari ilmu perkembangan manusia mulai dari lahir sampai tua.

Kalau masih awal-awal semester biasanya semuanya dipelajari secara umum, jika sudah mulai menjurus, misalnya psikologi perkembangan, mulai dipisah-pisah, misalnya ada psikologi perkembangan anak, psikologi untuk manula, dsb. yang biasanya berupa mata kuliah pilihan.

Di babak selanjutnya, nanti kita ngobrolin tentang mata kuliah Psikodiagnostik ya, yang sampai sekarang masih menjadi “trade mark”nya lulusan psikologi. Ditunggu ya :)

About these ads

101 thoughts on “Apa saja yang dipelajari di jurusan Psikologi?

  1. aslmkm…
    mbk mw taxa. berpa kemungkinan untuk bergabung di TNI ?

    klo puxa tman yg ikut gabung di TNI bagi2 infox gmna craxa masuk?

    trims

  2. Pingback: Apa saja yang dipelajari di jurusan Psikologi – bagian 2 | ghie

  3. Assalamualaikum…:)
    Saya ingin bertanya, kemungkinan untuk anak SMK atau sekolah kejuruan mengambil psikologi itu bisa atau tidak? Soalnya setahu saya kalau anak2 smk itu susah masuk perguruan tinggi apalagi yang negeri.

  4. waalaikumsalam…
    jangan takut untuk bersaing Rachma, jurusan apa saja bisa kok masuk Psikologi, asal ada kemauan..! :)

  5. mau nanya dong klo fakultas psikologi enak gk sh?
    trus blajar nya enak gk?
    ceritain dng…. :) :-)

  6. @ hasna : kalau menurut saya sih….ya menyenangkan. ternyata manusia itu kompleks…sekali… tiap hari bahkan tiap menit kehidupannya adalah rekaman yang unik dan tidak akan dialami sama, bahkan oleh anak kembar sekalipun :)
    hasna lagi menentukan jurusan ya?

  7. @sufriyadi : Matematika (atau Statistika) adalah salah satu ilmu dasar dalam psikologi, biasanya dipakai untuk penelitian kuantitatif mas, jadi selama menggunakan metode kuantitatif dalam penyusunan Skripsi, diperlukanlah ilmu ini. Cuma sekarang kan sudah dibantu oleh program SPSS, jadi kita sudah dapat hasilnya tinggal dianalisa saja :)

  8. kalo pengen jadi motivator gitu masuknya ke psikologi apa? kepribadian, umum, perkembangan, atau apa?

  9. mau tanya nih, saya anaknya suka ribet, dan suka banyak pikiran, dan setahu saya orang yg masuk jurusan psikologi biasanya org” yg tenang , halus, yaa dan semacamnya, naah tapi saya diterima di psikologi sama kyk sist’nya (undip) , terus apakah nantinya saya akan kesusahan menjalaninya??

  10. assalammualaikum mbak, aku nabila . aku baru kelas 2 sma, tapi udah kepikiran nanti nya pengen jadi psikolog . hehhe, emh, ternyata di psikolog jg ad matematika ya? haduhh, trus gmana dong mbak kalo aku kurang nya di pelajaran matematika, apa masih bisa kuliah di jurusan psikologi ?? :(
    apa cuma statistika aja yang di pelajari kalau di kuliah psikologi itu ? kalau cuma statistika ya insyaallah bisa lah . :D
    trus pelajaran yang harus menonjol dalam sekolah kalau ingin kuliah psikologi dan jd psikolog apa mbak ? trus kalau sma nya di jurusan ips bkn ipa tetep bisa kan kuliah psikolog?? emhh, maaf ya mbak aku banyak tanya, soal nya pengen tau banget nih tntng psikologi . :D
    tolong di bantu mbak virgianti .. jawaban nya yaa mbakk ..

  11. wahh mbak, dari dulu aku pengen banget lho masuk UNDIP jurusan psikologi. kira-kira sulit gak ya mbak masuknya kalo melalui SNMPN ? soalnya aku udah kelas XII mbak
    ohh ya mbak, mau nanya juga. peluang pekerjaan di jurusan psikologi menjanjikan gak sih mbak ?*maklum mbak orang tua sedikit ngelarang kalo dijurusan ini*
    makasih mbak sebelumnya, jangan lupa dijawab ya mbak …

  12. mbk mau tanya nih ,
    aku kan sekolah smk ambil perhotelan kira” untuk masuk kuliah ambil jurusan psikolog bisa gak ? soalnya kan banyak yg bilang susah kalo lulusan smk. terus” kalo misalnya udah kelar kuliah tu kira” ada peluang kerja ke hotel untuk bagian HRD gak ? makasih :)

  13. assalamualaikum mba :)
    kalo psikologi itu yg jurusan di sma nya harus ips atau ipa yah? pliss dijawab ya mba
    makasih :)

  14. universitas mana saja sih mbak yg psikoloqinya bagus, dan manjamin siap kuliah langsung kerja? ap boleh lang buka praktek? trus psikoloq yg muda d bagian psikoloqi ap mbak, sosial atau klinis atau perkembangan? mohon d jawab ya mbak… :)

  15. apakah benar kalo lulusan smk sulit bersaing ya?? jd kepingin masuk jurusan ini :D dan semoga gak ketemu yg namanya fisika sama kimia

  16. Mb, q mau tnya. . Kalo kuliah jurusn psikokogi it pembelajarnx gmna? Kata tmen’ny kakak q yang kuliah psikologi jga kok bljarx pkek bku yg tebel2. .? N seru gk mb msuk jurusn psikologi?

  17. Kak mau tanya…
    tolong di jawab ya….
    gini kak, ku pengen banget masuk jurusan psikolog tapi ku SMK jurusan TKJ ( tehnik komp jaringan) dan saingan di negri g sebanding sama peluangnya…
    tahun ini ku sudah mencoba tapi g keterima…
    apa mungkin gara* smk jd g keterima???

  18. thankyou mba atas postingannya
    saya jg lg bingung utk ngambil jurusan nihh pengen ngambil psikolog
    dan saya lulusan SMK jd sekarang udah tau jawabannya klo ternyata jurusan SMK msh bisa ambil matkul PSIKOLOGI
    terimakasih :)

  19. Nice blog dan akhir nya saya lebih mengenal lebih dalam tentang ilmu psikolog, ya walaupun saya masih di sebut pelajar tapi selama 2 tahun ini saya sudah memahami ilmu psikolog sedikit demi sedikit,
    Maaf sebelum nya ga bisa ngetik lama’ :D
    Buat mba virgianti jangan berhenti membuat posting tentang ilmu psikolog lain nya ya :D

    Arigato

  20. Permisi mbak, saya kebetulan tertarik sama psikologi dan mau coba ambil psikologi. (coba mau ambil beasiswa sebenernya, saya juga baru kelas 10)

    Kira-kira, persyaratan buat masuk kuliah jurusan ini apa aja ya?

  21. permisi mbak..
    saya mau tanya apa masuk psikolog tu susah mbak?
    trz ada tes tertentu gk mbak ? kalau ada apa an tes nya mbak ??
    ntar kalau udh dpt s1 bisa kerja gk mbak?
    maaf ya mbak kalau nanya nya bnyk bgt

  22. selamat malam kak,
    saya mau tanya, kalau di fakultas psikologi, nantinya akan menangani orang yangsakit jiwa tidak??

  23. ternyata masuk psikologi itu gk semudah yang dibayangin ya………..susah nya gk ketulungan tp yakin lah dari jerih payah itu akan ada buah yang didapat di kemudian hari…………hidup psikologi

  24. makasi atas jawabannya ya mba. oy mbak mau nanya lagi ne .  lulusan dri psikolog tu ntar kerja nya jdi apa ?? selain buka praktek?

  25. Berapa besar kemungkinan lulusan SMA yang jurusan IPA masuk ke universitas jurusan psikolog ???
    mohon d jawab …

    makasih :)

  26. cita2 saya kan mau jd psikolog cuma sy SMA a masuk a di jurusan IPA… trus …. Berapa besar kemungkinan kita yang nak IPA masuk ke jurusan psikolog ??? trus berapa besar kesulitannya ….

    mohon untuk di jawab

    mksh buat jawabanya … :)

  27. ass.. saya mau nanya.. saya sekarang sekolah SMK jurusan keperawatan kelas 3,, pengen bgt masuk psikolog.. sedangkan sekolah saya swasta.. sangat sulit juga jika ingin lanjut kuliah di negri.. dan jika mau masuk psikolog apa ada tes masuk.a?? trima kasih

  28. Ka mau nanya ath saya kan ambil jurusan keperawatan d smk swsata,kalau mau ngambil jurusan psikolog itu gimana,?bisa gak ya,??

    Di tunggu jawaban’y yaa :)

  29. Mba mau tanya,
    Kalau fakultas psikolog ribet nda sih belajarnya ? Yg paling susah pelajarannya cthnya kaya apa yaa :D
    Thanks.

  30. Good morning. saya mau nanya, ilmu psikologi secara umum terbagi menjadi berapa ya mbak? dimohon panduannya untuk penulisan karya tulis. terimakasih banyak :)

    cheers!

  31. AsalamuaLaikum,
    saya LuLusan smk otomotif taun 2012, ke gramedia suka bgt beli buku psikologi, psikologi tuh menurut saya pelajaran yg sangat unik, mistery, dan fokus.

  32. Salam kenal mba virgianti :)
    sebelumnya, nama saya fifi sekarang smt 6 jurusan Kimia MIPA,
    saya mau tanya, kira-kira untuk dari Mipa ingin berprofesi menjadi seorang psikolog apakah bisa?
    *I’m waiting for your replay, thanks :)

  33. Salam kenal mba, thanks buat sharing-nya tentang jurusan Psikologi
    Perkenalkan, saya Herbang mahasiswa Arsitektur Unsri. Jadi di kampus kami jurusan Psikologi baru saja di buat (tahun 2013 ini angkatan pertama dan masi Prodi). Saya sebagai mahasiswa arsitektur mendapat tgs dari dosen untuk menjadikan-nya sebagai proyek tugas “Studio” untuk merancang gedung Prodi Psikologi.

    Nah, buat mba sebagai salah satu tamatan Psikologi, menurut mba apa saja yg dibutuhkan buat oleh sebuah bangunan untuk mewadahi kegiatan belajar mengajar di prodi Psikologi. apakah butuh lab layaknya fak. Kedokteran (di Kampus kami, jurursan Psikologi masuk ke fak. Kedokteran). Kalopun butuh lab dan semacamnya, apa yg membedakan nya dengan lab fak. Kedokteran dan prasarana apa saja yg menurut mba dapat menunjang jurusan psikologi ini yang wajib di masukan dalam sebuah bangunan Prodi-nya. Mungkin sekian dulu pertanyaan dari saya, saya mohon maaf kalo pertanyaan sedikit “weird”. terimakasih untuk jawabannya :D

  34. maaf mau nanya, saya suka membaca ttg artikel2 yg berhubungan sm psikolog dan saya juga suka sekali menganalisis saya itu termasuk golongan yg mana dari sajian artikel2 tersebut. dan ini selalu saya lakukan sampai juga bingung kenapa saya begitu berminat melakukan itu. menurut kakak, apakah ini bisa disebut sebagai minat? dan apakah ini juga bisa dijadikan sebagai modal dalam saya memilih jurusan psikologi? sekian, sangat diharapkan jawabannya. sebagai refrensi, makasih :)

  35. ka jurusan psikologi itu nantinya akan dibagi menjadi beberapa jurusan lagi ga kak ? saya sejak SD tertarik dg psikologi tapi sekarang saya msuk di pertanian dan keinginan saya untuk psikologi kembali muncul kak heheh

  36. ass..
    mbak jurusan psikologi itu menyenangkan atau gak sih ?
    dan lowongan kerjanya luas gak ?
    thanks …….

  37. pada dasarnya, belajar ilmu psikologi adalah mempelajari pola perilaku manusia dan pemikiran yang mendasarinya. jadi psikologi mencoba memahami mengapa seseorang melakukan perilaku yang ia lakukan tersebut.

    di S1 pendidikan psikologi lebih mempelajari tentang hal-hal umum dari psikologi, serta teori yang mendasarinya. karena lulusan S1 Psikologi belum memegang predikat Psikolog, jadi belum bisa praktek. Bidang pekerjaan yang bisa digeluti yaitu bidang HRD, walaupun tidak menutup kemungkinan di bidang2 lain.

    Kalau mau praktek sebagai Psikolog, harus menyelesaikan studi S2 dan program profesi (2 tahun). Untuk saat ini, ada 4 pilihan kekhususan: Klinis Anak, Klinis Dewasa, Industri & Organisasi, Pendidikan

  38. kak dessy saya mau tanya,kalau untuk jadi master psikologi berarti harus S2 dulu atau gimana?dan itu psikologi murni apa bukan?terus kak dessy sekarang kerja apa dalam bidang psikologi?sudah buka praktek?
    maaf tanyanya banyak kak :-D

  39. mba aku mau tanya tanya dong lebih deket tentang prikologi, aku tertarik banget :D ya kalau bisa minta no hpnya yah mba :D

  40. mba aku mau tanya tanya dong lebih deket tentang prikologi, aku tertarik banget :D ya kalau bisa minta no hpnya yah mba :D

  41. assalamualikum kak… dari dulu aq kpengen ambil jrusan psikolog. tapi aq takut… di sisi lain juga agak nggak bleh sma org tua. mereka setuju nya aq ambil b. inggris.. tapi aq pengen psikolog. kira2 universtas mna ya yang bgus????

  42. assalamualaikum
    saya mau tanya nanti pada saat masuk psik0l0g apa druh mlh dlu ambil psik0l0g apa(klinis,umum dll) atau tidak
    lalu kalo psik0l0g f0rensik apa yg d plajari

    trimz:-)

  43. Kak kalo mau masuk psikolog dari jurusan ipa kemungkinan masuknya besar atau kecil?
    Mksh kak

  44. Aslkm, mbak mau nnya. Jrusan psikologi ini msh mrpkn bgian fakultas kedokteran nggak y? Fakultas ini juga sbnrny lbh untk anak jurusan ipa atau ips ya? Mksh mbak, mhon d bls :)

  45. Ass. Wr. Wb.
    Mau tanya kira” waktu praktek gambarannya seperti apa ya ?
    Kalo psikologi forensik itu masuk jenis yang mana ya ?

  46. sering bisa nebak pikiran pacarku sendiri apakah mungkin saya punya bakat seperti itu apa emg kebetulan saja yah..
    saya lulusan smk kemaren dan pernah berfikiran menjadi piskolog, mnrut firgianti semisal saya kuliah dijurusan piskologi pilihan yg paling tepat dipiskologi dibagian mana yah???
    tolong bantuannya, mksh…

  47. asalamungalaikum…. maaf ralat sedikit :-D
    saya sering bisa nebak pikiran pacarku sendiri apakah mungkin saya punya bakat seperti itu apa emg kebetulan saja yah..
    saya lulusan smk kemaren dan pernah berfikiran menjadi piskolog, mnrut siapa saja yg bisa jwb semisal saya kuliah dijurusan piskologi pilihan yg paling tepat dipiskologi dibagian mana yah???
    tolong bantuannya, mksh…

  48. Gini nih, saya lagi bingung ngambil jurusan.
    Pengennya sih dulu jurusan psikolog di UGM tapi ada yg bilang UGM ga bagus dan mending ke UNPAD.
    Terus saya juga ada masalah di pemilihan jurusan seiring berjalannya waktu. Ada beberapa alasan dan saya sedang memikirkan tentang mengambil jurusan akuntansi atau tidak bisnis.
    Jadi sekarang saya sedang menimbang jurusan yang saya pilih, apakah itu akuntansi, bisnis atau psikolog.
    Tolong sarannya ya^^
    Terimakasih sebelumnya♡

  49. assalamuallaikum saya ingin curhat soal pribadi saya saat ini saya sedang ke bingungan mencari jurusan apa yang akan saya ambil ke unipersitas jika ada saran tolong katakan

  50. Ass.. mbak aq mau tanyak ne..banyak orang mengagap bahwa membaca pikiran adalah pekerjaan seorang pisikolog? kalau emang benar membaca pikiran orang lain hati2 lho etr salah n bisa konflik he..he..:-D Bagaimana membaca pikiran orang lain, apa dari bahasa tubuh atau dari ekspresi wajah??? Tolong ya mbak di jawab..aq pengentau penjelasannya.. Terimakasih banyak ya mbak sebelumnya :-)

  51. Aku Hipni. Aku sekarang kls 3 SMA di ponpes terpadu Riyadlul Ulum Wadda’wah. Aku bingung tahun depan mau ngambil jurusan psikologi atau filsafat. Makanya aku butuh informasi bagaimana filsafat dan bagaimana psikologi?

  52. assalamualaikum ,
    ka saya baru mau masuk fakultas psikologi di salah satu univ negri di bandung , saya sedikit bingun , karena saya belum tahu dasar psikologi , mau minta tolong yaa penjelasan awal psikologi seperti apa , kalau berkenan kaka email saya yaa :) ditunggu bantuannya …

    wassalamualaikum

  53. assalamualaikum..

    ka aku mau tanya.. aku kan SMK dijurusan kria khususnya tekstil .. apa bisa masuk ke jurussan psikologi? soalnya aku mau bnget masuk psikolog..

  54. mau tanya mbak ,kalo untuk mata kuliah filsafatnya itu berat bgt ga?mksdnya bisa
    sampe bikin akidah kita goyah ga?

  55. ass…wr.wb
    mau tanya lebih jauh tentang psikologi.hubungan psikologi dengan ilmu filsafat itu gimana ya? please di jawab dan dibales ya…

  56. aku mw tanya, ak nak smk jurusan multimedia :) kira-kira bisa ngga masuk atau mlanjutkan kulIah ke jurusan PSIKOLOGI, soalnya ak kepngen jadi seorang psiologi,

  57. Ka, mau nanya saya kan sudah lulus D3 kebidanan saya S1 nya ingin ngambil fakultas psikologi bisa gak ya ka dan berapa tahun waktu kuliahnya?
    Terima kasih
    Mohon jawabannya ya ka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s