Jurusan Psikologi

Info ini saya dapet dari : http://snmptn.ac.id/

tentang penerimaan mahasiswa baru tahun 2009 yang melalui jalur SNMPTN

Iseng2 saya liat “persaingan” masuk jurusan PSIKOLOGI.

Berikut data yg saya dapatkan :

Psikologi Undip, daya tampung 20, pelamar thn lalu 534

Psikologi UGM, daya tampung 21, pelamar thn lalu 763

Psikologi UI, daya tampung 25, pelamar thn lalu 2157

Psikologi Unpad, daya tampung 90, pelamar thn lalu 2032 (jur IPA)

Psikologi Unsyahkuala, daya tampung 20, pelamar thn lalu 857

Psikologi USU, daya tampung 15, pelamar thn lalu 503 (jur IPA)

Psikologi UNS, daya tampung 75, pelamar thn lalu 1093 (jur IPA)

Psikologi Unair, daya tampung 80, pelamar thn lalu 1624

Psikologi Univ.Negeri Surabaya, daya tampung 30, pelamar thn lalu 839

Psikologi Unbraw, daya tampung 35, pelamar thn lalu 657

Psikologi Univ.Neg Malang, daya tampung 35, pelamar thn lalu 575

Setelah saya liat2 lagi…ternyata saingan masuk Psiko undip paling ga kompetitip, saya jadi bertanya-tanya, saya ini valid ga sih gelar sarjana psikologinya heheheee…..

About these ads

197 thoughts on “Jurusan Psikologi

  1. @defri : Jurusan yg ada di psikologi ada beberapa :
    1. Psikologi industri & organisasi. outputnya biasanya HR, HR consultant, HR specialist, recruiter, ilmunya seputar dunia industri.

    2. Psikologi pendidikan, biasanya nanti masuk ke area pendidikan (konsultan pendidikan, pendidik dari playgroup sampe perguruan tinggi, dll) Bisa juga mendirikan sekolah sendiri.

    3. Psikologi kesehatan/klinis, ini outputnya biasanya di Rumah sakit or rumah sakit jiwa, sbg psikolog yg biasanya bekerjasama dgn psikiater.

    4. Psikologi sosial budaya, biasanya bekerja di lembaga2 sosial kemasyarakatan atau menjadi speaker atau penulis isu2 sosial.

    dll.

    tapi klo masih S1 biasanya blm terlalu menjurus, krn masih hrs mengambil semua mata kuliah, klu S2…baru sudah di juruskan…

  2. JADI JURUSAN PSIKOLOGO dalam dunia kerja cukup berpeluang tidak?pekrjaan apa yang banyak peluang

  3. peluangnya besar, silakan dilihat di komen saya di atas utk pekerjaan2 yg bs dimasuki lulusan psikologi.. salam kenal mas prasetia :)

  4. Ass….
    Pluang kerjanya bagus g’?
    modal apa sja yang d’perlukan untuk msuk jurasan psikologi??
    program mata kuliahnya bagaimna!

  5. @bedha

    waalaikumsalam…
    peluang kerja psikologi cukup banyak sih klu menurut saya :) modalnya ga ada, cuma berbekal minat aja cukup kok ;)

    Kalo mata kuliahnya, mulai dari yang dasar-dasar, spt psikologi pendidikan, psikologi anak, psikologi industri, dll. ada juga mata kuliah lain spt filsafat, statistik, penyusunan skala psikologi, dll. nanti di semester akhir, ada beberapa mata kuliah penjurusan.

    salam kenal :)

  6. hai ka’ sy@ mw tnya2 nich tntg jurusan psikologi. tolong d batu ngejelasin y k’……

  7. bu nyuruh saya ngambil jurusn psikologi mbak
    tp sy@ krang mngerti. mng psikologi tu ilmu yg enak d plajari y mbak truzZ……. mg pluang krjanya besar

  8. @pinpin : kalau UNJ saya kurang tahu :D

    @rita : “enak dipelajari” itu tergantung orangnya hehee.. yang penting kita berminat dulu utk senang mengamati orang, nanti di jurusan psikologi, kita bisa memahami secara keilmuannya, bahwa setiap individu adalah unik, memiliki sifatnya masing-masing yang dipengaruhi banyak hal, juga dipelajari bagaimana cara memodifikasi perilaku orang sehingga bisa mencapai tujuan2 tertentu.

    kalau peluang kerjanya, menurut saya sih lumayan besar, bisa kerja di kantor (organisasi), rumah sakit, sekolah, bahkan bisa juga buka praktik sendiri kayak dokter :)

  9. mau tanya, kalu mau kuliah di psikolog itu waktu SMAnya ambil jurusan apa ?? IPA ato IPS ?? apa bisa kalu dari IPS masuk ke psikolog ??
    mohon informasinya, terimaksih ;)

  10. @alieza : kalau saya sih dulu dari IPA. setahu saya dulu yang bisa masuk jurusan IPA dan IPS hanya di Undip, Unpad, dan USU… kalau universitas lain justru yang boleh hanya dari IPS..

  11. saya juga mahasiswi psikologi unm, dan menurut saya alumni dari psikologi sangat berpeluang dalam dunia pekerjaan, tapi masih banyak juga masyarakat yang kurang tau mengenai jurusan ini.

  12. @qi : masukan spt apa yg diinginkan? mungkin saya (sbg alumni psikologi undip) bisa bantu :)

    @nita psycho : iya krn waktu sekolah tidak ada jurusan/studi ttg psikologi, biasanya orang mengenal ilmu psikologi dari buku-buku psikotes atau buku psikologi populer.. eniwey, trims ya udah mampir :)

  13. asalam, mau nanya klo kita mu kuliah ambil fak psikologi, tu kan bisa buka konsultasi ya di rumah gitu? tu mesti nyampe S2 ato gimana? trus ka,klo kita mu ambil juusan psikologi anak bisa? di tunggu info.nya sangat membantu. makasih.

  14. @dhea : betul, bisa buka konsultasi spt dokter, tapi hrs ambil S2 profesi dulu utk dpt izin praktik… Psikologi anak adl spesialisasi nya lagi dari psikologi perkembangan, bisa dong, tapi klu S1 blm mengarah, klu S2 sudah mengarah ke minat kita..

  15. oh iya lupa assalammualaikum…
    mba luchu deh
    hahahaha
    kidding
    tp beneran loh
    emanknnya psikolog itu ketertarikannya dalam hal apannya..?

  16. @eky : heheheee…. masalah penghasilan kan, tergantung keahlian dan dimana kita bekerja, mau dia lulusan psikologi, teknik, dll. klu saya sih smpe skrg alhamdulillah walupun ga begitu besar penghasilannya (klu dibandingkan pengusaha kelas kakap), tapi cukuplah buat makan :)

  17. @eky : heheheee…. masalah penghasilan kan, tergantung keahlian dan dimana kita bekerja, mau dia lulusan psikologi, teknik, dll. klu saya sih smpe skrg alhamdulillah walupun ga begitu besar penghasilannya, tapi cukuplah buat makan :)

  18. mba’ kepingin banget nih masuk psikologi tapi aku anak akuntansi bisa g’ apalagi daya saingnya kan banyak

  19. tertarik si ma pksikolog…!!!
    pengen bgt malah…!!
    tar di usahakana deh
    soalnnya udah ada kelebihannya dari sana..
    bisa tau orang gimana carakternnya dlm skali liat…
    kan kalo masuk psikolog itu lbh di gali hall itu bener gak tant…?

  20. assalam,, mba yang cantikk dhe mu nanya lagi nih,,
    kata orang kuliah fak.psikologi itu paling lama ya kuliahnya?
    mank klo S1 & S2 psikologi berapa taun mba?
    makasih mba..
    wasalam..

  21. @umi : justru psikologi itu ilmu sosial, jadi ya bisa saja dari jurusan IPS / Akuntansi..coba aja dulu, yang paling penting kan minat. Kalau ga ada minat ya ntar kul nya malah berantakan :)

    @eky : hehehee…kalau tau karakter dgn sekali lihat, kayaknya terlalu berlebihan deh, tapi memang ada ilmu nya untuk “membaca” orang dengan melihat tingkah lakunya.

    @dhea : wahhh ttg lama tidaknya, itu tergantung masing-masing orang. Kalau secara kurikulum sih sama saja dgn jurusan lain. Rata-rata orang menyelesaikan S1 psikologi 4-5 tahun. Kalau S2 biasanya 2 tahun.

  22. halo manda… maaf sy ga begitu nangkap maksud pertanyaannya… klu mo ambil S2 langsung…ya bisa lah, asal udah kuliah S1 heheheeh… tapi sy ga tau apakah jurusan S2 psikologi anak bisa dari S1 jurusan lain atau hanya utk S1 psikologi… Mungkin bisa ditanyakan langsung ke kampus yg dituju… salam kenal ya :)

  23. wahhh kag…..

    infonya sangaat membantu…
    makasih y… kakag baik deh…
    moga slalu sukses ya kag, aminn…

    hemmh… lama jg y kalo harus nerusin S2,
    kalo cuman S1 gt pluang kerjae dikit y kag..

  24. @riril : trima kasih neng, sukses jg buat kamu ^^ … klu ttg peluang kerja, cukup terbuka lebar, saya sering liat di koran, kebutuhan lulusan S1 psikologi sudah semakin banyak dibandingkan 5-7 tahun yg lalu

  25. Salam !
    Saya ada dengar dari teman bahwa di UNDIP masih banyak Mahasiswa Fak. Psikologi UNDIP yang stambuk 2003, 2004, 2005 yang belum wisuda sampai sekarang. Apa benar ? Saya ingin sekali hal ini dibantah oleh Mahasiswa Fak. Psikologi UNDIP ataupun Alumni Fak. Psikologi UNDIP, supaya saya tidak ragu masuk ke Fak. Psikologi UNDIP, terimakasih untuk siapa saja yang berkenan membalas e-mal saya ini

  26. halo jonni…

    mengenai hal itu, saya kurang tahu pasti, tapi IMHO, hal2 itu bisa saja terjadi, byk faktor yg mempengaruhi dan tdk berarti kualitas kampusnya rendah :) klu thn 2004-2005 blm lulus, kyknya masih normal ya. mungkin masih berkutat dgn skripsi. ada teman saya, lulusnya 6 thn lebih, tapi alhamdulillah skrg dah kerja sbg PNS. saya aja yg dulu banyak “main” di luar kampus, bisa lulus 5 tahun, so it depends on many things. semoga mantap ambil psikologi undip ya :)

  27. jurusan psikologi terutama fresh grad, biasanya masuk ke bagian SDM/HRD nya perusahaan. Kerjaannya bisa macem2, rekrutmen, training, pengembangan karir, dll.

  28. @putri : nah kalau yg ini saya ga bisa komen karena blm tau referensinya, yg jelas saya juga pengen tuh beasiswa keluar negeri heheheeee….

  29. assalamu’alaikum..
    mba..,aku pgn msuk psikolog..tpi masih bingung mw msuk d universitas mana..
    kira2 yg bagus mana ya??

  30. @vita : saya juga dulu dari IPA loh :) kalau setahu saya,,, dulu yg bisa dari IPA, itu psikologi Unpad, Undip, dan USU. GAk tau klau sekarang. Tapi kalau gak salah, Undip sekarang bisa dari lulusan IPA atau IPS.

  31. mbag tanya donk….alhamdulillah q skg ud krja sbg accounting di sbh perusahaan pariwisata tp dlu g sukses kuliahnya. nah skg q pgn kuliah lg tp bingung mau ambil jurusan apa….
    minatq dr dlu ke psycolog,tp krjaan skg di accounting. mohon srnnya ya mbag,thanks…..

  32. hey :)
    mau tanya.
    psikologi bagus nya aku ambil di fakultas mana ya mbak??
    aku jurusan ips.
    di unpad bisa gak ya jurusan ips masuk psikologi ??
    thanks

  33. ass.
    mbak saya mau tanya
    saya msih bngung nih mbak mau ngambil jrusan antara psikologi or kesehatan,,,,
    apakah dari psikologi bisa nantinya ke kesehatan,,, ada sangkut pautnya gax psikologi sama kesehatan….
    mohon info nya mbag
    trima kasih………..

  34. assalamualikum ..

    pgen bgd nii ngmbl psikologi tpi bngung mau di mana?? kira2 yang bagus dimana ia ka ?? kira2 kalo dari jur teknik komputer bisa gag klo ngmbl psikologi ..

    psikologi itu ngapain ajj iaa??? :)

  35. aku mau nanya ni, ak mau ambil jrusan psikologi.. apa bisa ya? soalnya ijazah smaq cuma sampai klas 2 jur ipa, dan itu ijazah luar negeri.. skrg ak pkai ijazah paket c jurusan ips krna kmren smpat ad slah fham sma ijazahq yg d luar negeri itu… tapi aku pengen banget bisa ambil jurusan psikologi itu.. sebaiknya gmna y? tlg saranny. krna lg bingung banget

  36. aku mau nanya ni, ak mau ambil jrusan psikologi.. apa bisa ya? soalnya ijazah smaq cuma sampai klas 2 jur ipa, dan itu ijazah luar negeri.. skrg ak pkai ijazah paket c jurusan ips krna kmren smpat ad slah fham sma ijazahq yg d luar negeri itu… tapi aku pengen banget bisa ambil jurusan psikologi itu.. sebaiknya gmna y? tlg saranny. krna lg bingung banget, mksi sblmny

  37. aduh gw baru klas 3 nih nanti mau ambil psikologi tpi emang bingung sih universitas mana yang bagus buat jurusan psikologi??
    mohon di bantu…
    (mau nyobanya sih di UGM ato di UI)

  38. Asskum.
    Mbk, mau tnya.
    Aku tahun ini udah mau kuliah.
    Aku minat nya masug ke psikologi undip.
    Nha, p’tnyaanku:
    1. Aku anag ipa, bisa gak ambil Psikologi undip lewat SNMPTN tp yang ipa. Bukan ipc.
    2. Kalo lewat swadana, bukaan byar I brapa?
    3. Berapa biaya tiap semesternya? Dan uang hidup d smarang murah gak?
    4. Penjurusan psikologi klinis, mengacu jadi psikiater yha?
    Trimakasih. Wasskum.

  39. waaa..so many comments, dah dari nomor 42 gak saya tanggapi, maaf ya :)

    42.elsabila : coba kamu tanya dulu dlm hatimu, kamu suka yg mana, psikologi atau akunting? masalah skrg kamu skrg lagi kerja di bidang akunting sih itu gak ada masalah, malah bisa jadi nilai tambah buat kamu, jarang2 kan seorang psikolog ngerti keuangan ;)

    43. rina : setahuku psiko unpad gak bisa jurusan selain IPA, tapi coba liat dl situsnya utk syarat2 pendaftaran.

    44.willy : liat posting saya no. 2 ya :)

  40. waaa..so many comments, dah dari nomor 42 gak saya tanggapi, maaf ya :)

    42.elsabila : coba kamu tanya dulu dlm hatimu, kamu suka yg mana, psikologi atau akunting? masalah skrg kamu skrg lagi kerja di bidang akunting sih itu gak ada masalah, malah bisa jadi nilai tambah buat kamu, jarang2 kan seorang psikolog ngerti keuangan ;)

    43. rina : setahuku psiko unpad gak bisa jurusan selain IPA, tapi coba liat dl situsnya utk syarat2 pendaftaran.

    44.willy : liat posting saya no. 2 ya :)

    45. nisa dwi oktaria : kl di psikologi, kita belajar ttg ilmu kesehatan juga, tapi gak banyak, ya cuma utk pengetahuan dasar dan berhubungan dgn kasus2 gangguan jiwa aja.

    46. widhwidh : dari teknik komputer ke psikologi? wahh nyebrang nya jauh ya? memang kenapa kok tiba2 pengen kul psikologi?

    47. niesa : liat di situs pendaftaran psikologi UNS aja, apkh bisa dari jurusanmu mendaftar. moga sukses ya :)

    48. melda : maaf kl pertanyaan kamu saya gak ada infonya :(

    50. laskar : coba aja UGM sama UI, yg mana yg jebol tar kasih tau ya ;)

    51. Anjar : 1. kyknya bisa deh, coba kamu browsing di situsnya psiko undip. 2.nah kl ini saya gak tau informasi ter-updatenya :) 3.kl jaman saya sih (angkatan 2000, berarti 10 tahun yg lalu ya hehehe), uang semesternya masih sekitar 300-400 ribuan, kalau biaya hidup di semarang, cukup murah kl dibanding kota2 lain di jawa, ya..mungkin kl skrg..antara 20-30 ribu sehari masih bisa idup :D

    52. melita elvaretta : hehehee… kl kuliah sih mau di swasta atau dimana aja, yg penting serius :)

    53. ority : SMK teknik ya? mungkin bisa pakai jalur IPC…

  41. ass.
    mau tanyak ni!
    1.sebenarnya fak.psikolog undip terima dari ips gak?
    TERIMA KASIH untuk yang jawab:)

  42. comment yang no.56 saya tambah!
    2. fak.psikolog usu terima dari ips?
    sekali lagi saya ucapkan TERIMA KASIH untuk yang jawab:)
    jawaban anda sangat berarti..

  43. hai mba.. sy mau daptar SNMPTN Undangan, psikologi Undip, tapi sy anak IPA, bisa gak mba ya… sy liat dri comment2 d’atas katanya bisa. tapi, sy bingung wktu lihat Daftar Priodi di SNMPTN 2011, psikologi Undip msuk jrusan IPS. nah gimana donk mba ya ?

    salam kenal ya mba ^^

  44. Untuk teman2 yg tanya tentang jurusan IPA/IPS yg bisa masuk psikologi, silakan buka website masing-masing fakultas di PTN2 yang diinginkan… soalnya sy gak update soal itu ;)

  45. aslmkum kak,,aq mau tny,,ktanya kalo di undip tu psikologinya lebih menjurus ke psikologi klinis bukan ke industri,,bener ga kak..?

    trs,,kalo cuma fresh grad S1 tu peluang masuk kerja ke bagian HRD perusahaan gede ga kak..?

    trs yg terakhir,,kakak (maap) kerjanya skrg apa..?trs kakak tu kerjanya dengan gelar S1 ato s2,,?

    sekian..terima ksh ya kak..

  46. aslmkum kak,,aq mau tny,,ktanya kalo di undip tu psikologinya lebih menjurus ke psikologi klinis bukan ke industri,,bener ga kak..?

    trs yg terakhir,,kakak (maap) kerjanya skrg apa..?trs kakak tu kerjanya dengan gelar S1 ato s2,,?

    sekian..terima ksh ya kak..

  47. aku mau nanya, aku anak ips aku ikut SNMPTN undangan. aku mau masuk psikologi UNDIP, jurusan psikologi undip itu dari IPA or IPS ya ???
    mohon bantuannya

  48. @ayuk : hummm…kl jaman saya dulu..psikologi undip malah mengarah ke psikologi keluarga (mungkin campuran antara psikologi pendidikan dan perkembangan kali ya, hanya cakupannya hanya keluarga). Kl masalah mengarah atau tidak, sebenarnya tidak juga sih, krn memang tidak diarahkan kok :)

    kl saya skrg kerja di Palembang, di SDM/HR nya, pake ijazah S1. :)

  49. assalamualaikum kak
    kak jadi saya mau tanya ni intinya jadi bisa gak jurusan ips masuk pisikologi saya masi ragu ni kak!

  50. kak kalau mau jurusan psikolog itu mesti kuat di pelajaran apa,trus bedanya psikolog dan psikiater itu apa?

  51. kak. mau tanya. ni aku kan baru SMA kelas X dan aku minat buat masuk jurusan psikologi tapi aku bingung mau jurusan IPS atau IPA. kasih saran ya kak :( :)

  52. @healthy & fifie : Basic ilmu psikologi adalah ilmu sosial, jadi bagusnya sih jurusan IPS yang ke Psikologi, cuma kl org IPA mo nyebrang ambil IPC, ya gak papa juga, saya juga IPA kok :)

    @farah : hmmm…kl harus kuat di pelajaran apa, ya semuanya dong :) krn psikologi juga belajar hitung2an loh :)

    beda psikologi dengan psikiater, kalau psikologi…ambil kuliahnya Psikologi, kalau psikiater, ambil kuliahnya S1 Kedokteran dan ambil spesialis S2 Spesialis Kejiwaan. Kalau dari isi kuliahnya, psikologi mempelajari manusia secara lebih general dan untuk orang-orang yang secara sosial masih “normal”, sedangkan kl psikiater, ilmunya sangat spesifik, yaitu khusus untuk penanganan orang-orang yang mengalami gangguan mental/kejiwaan dan harus disembuhkan dengan bantuan obat-obatan, makanya harus ada basic kedokterannya.

  53. kk saya mau nanya
    saya anak ips apa bs mendaftar d’fakultas psikolog d’unpad??

    d’bls ia kk

  54. salam….
    kak kalu misalnya dari jurusan bahasa smanya itu kalu ambil jurusan psikolog bisa tidak???
    mksih

  55. @all : yang pengen tahu ttg jurusan IPA/IPS/Bahasa yg bisa masuk ke universitas tertentu, bisa langsung kunjungi situsnya universitas itu, biasanya mereka mencantumkan persyaratan-persyaratannya, termasuk asal jurusan. good luck :)

  56. ka boleh tanya?
    gw kan pengen bgt masuk psikolog tapi orang tua ga mndukung katanya takut peluang kerjanya sedikit
    apa peluang kerja psikolog emang sedikit atau gimana ya kak?
    salam kenal ya sebelumnya

  57. assalamualaikum.
    Kak, saya mau masuk tni, tapi pengennya dari jalur perwira pk. Jd saya pengen kuliah jurusan psikologi, kira-kira nyambung nggak kak? Dah gitu psikologi bagian apa yg pas.
    Kak, saya kurang tertarik kuliah di ptn, lebih tertarik ke pts, itu masalah gk sih. :)

  58. kak, klo mau masuk psikologi dari jurusan IPS bisa kan kak?? aku pengen masuk fak.Psikologi undip. bagus gak kak, trus susah gak masuknya?? :)

  59. yang saya tahu, kalo lihat dari grade-nya, jurusan psikologi yang paling bagus itu psikologi UI. kalo dari akreditasinya UI, UGM, UNPAD, UNAIR, keempat-empatnya terakreditasi A

  60. @anonim :
    iya betul, kl akreditasinya A, memang empat universitas itu.. Kl Undip masih akreditasi B, maklum masih baru, sekitar 15 tahunan :) baru jadi fakultas pula beberapa tahun yg lalu. mudah2an ke depannya bisa lebih maju dan setara dengan fakultas psikologi yg sdh lebih dulu maju :)

    @yeni :
    sekarang aku kerja jadi buruh pabrik pupuk :)

  61. mbak, aku mau nanya nih. alhamdulillah aku udah ketrima di psikologi undip tapi masih bingung mau diambil atau nggak. soalnya aku masih belum tau peluang kerjanya seperti apa, menjajikan atau nggak, aku mau tau bidang apa aja yang menerima lulusan psikologi s1.makasih mbak.

  62. kak, saya mau tanya. maksud kaka psiko undip ga kompetitif apa yaa?
    trus akreditasi program studi ditentukan oleh apa ya? apa akreditasi yang beda (masih B), mempengaruhi kurikulum belajarnya? maksud saya, kalo yg akreditasinya sudah A kurikulum dan pembelajarnnya lebih bagus dari akreditasi B atau sama saja dengan yg akreditasi B?
    terus jika saya mengambil psikologi pengembangan, apa saya bisa kerja di rumah sakit?
    terima kasih ka. mohon dijawab pertanyaan saya :)

  63. @tjoeping : justru IPS adalah jurusan yg bagus utk jadi psikolog :)

    @destina : alhamdulillah :) peluang kerja setelah lulus psikologi (tdk hanya undip ya destina) cukup banyak, bisa dilihat dikomen saya no.2. Semoga diberi ketetapan hati untuk memilih jurusan yg sesuai dgn keinginan kamu ya ;)

    @anonim : hehehe..psiko undip menurut data itu sedikit yg melamar kesana, jadi persaingannya tdk begitu ketat, tdk seperti universitas lain :) tapi mudah2an kalau soal kualitas, tidak kalah dgn yg lain..
    Akreditasi, setahu saya adalah soal komposisi dosen dan beberapa fasilitas jurusan. misalnya universitas yang jumlah dosen S2 – S3 nya banyak, itu berpengaruh terhadap tingkat akreditasi. Tentu saja ini berkaitan dgn lama berdirinya jurusan psikologi di kampus tsb, biasanya jurusan yg baru ada (co : psikologi undip baru berdiri 1996) akan sgt sulit dibandingkan dengan UI yang sudah lama berdiri, sehingga alumninya pun baru sedikit yang menjadi dosen di kampusnya. soal kurikulum, tidak jauh berbeda antar universitas.
    Psikologi perkembangan cukup sesuai dgn pekerjaan-pekerjaan di rumah sakit, krn psikolog biasanya dibutuhkan disana, co : psikolog anak.

  64. Wah, saya masih ragu mau ambil physicology apalagi saya di IPA tapi kalu bs dr IPA saya mau ngambil physicology di UNDIP ^^

  65. @staecia : caranya..ya berdoa dan berusaha kali ya :D
    @someone : :) wah kl jadi masuk Undip, satu alumni dong kita :)

  66. maaf….
    saya mahu tanya kalau misalnya saya mau masuk ke fakultas psikolog
    yang harus saya pelajari waktu akan tes itu apa saja
    trus kalau misal saya sudah di trima(amiennnnn) yang di ajarkan apa saja
    lowongan pekerjaan apa saja

  67. mbak ,saya mau tanya ..
    kok di uns psikologi nya masuk kedokteran ya ?
    apa itu semuanya ???
    saya kepingin soalnya
    #maklum baru :p

  68. Assalamu’alaikum kak, saya pengen bgt tahn ini masuk fakultas psikologi. tapi saya sekolah dSMK jurusan teknik bangunan….kira-kira bisa masuk fakultas psikologi gak ya? mhn balasannnya:)

  69. Mbk ne q Rita ,mbk q mau tanya ,
    q kan pinngin ambl Fak psikolog ,tp q dri SMK ,AND JURUSAN Q JG KECANTIKAN RAMBUT ,KIRA KIRA ADA PELUANG BSA MSK G????

  70. Ass… kak aku masih kelas 3 SMA.
    Aku minatnya mau masuk jurusan psikologi UI dan UNPAD.
    tapi aku sadar diri, kalo mau masuk UI itu sangat susah kak.
    menurut kk (dilihat dari tahun sekarang), peminat dan daya tmpung UI dan UGM itu besar yang mn ?
    dan psikologi UNPAD itu akreditasi A atau masih B ?
    atas jawabannya terima kasih :)

  71. kak, aku kelas 3 SMA nih. aku mau tanya, kalau di snmptn tertulis buat masuk ke psikologi itu kira-kira apa aja ya yg musti dipelajari (kalau ngambil IPA)?

  72. ms/mb tlng ksh tau sy donk..bgi sarjana psychology waktu anda kuliah sebenarnya pendekatan yg dipakai cenderung ke kesehatan (IPA) atau ke kebiasaan dan ke perilaku? Terus kalo tahun 2011 ini uvin. yg menerima pelamar dari jurusan IPS mana aja ya? UGM sama UI bgmn? Mohon bantuannya, minta no hp blh ga ya buat fast respone? Ngebet bnget ma theory psychology,mksih

  73. kak, mau tanya dong.. psikologi yang jurusannya IPS itu ada di universitas mana aja ya kak? makasih sebelumnya..

  74. mau nanya nih, aku kan siswi klas 3 jurusan ipa bntar lgi un dan kuliah tentunya, aku da rencana buat ngambil jurusan psikologi. Nah pngen tau dong apa aja sih kriteria buat bsa msuk jurusan itu?

    mohon bantuannya yahh buat kakak” yang sdah berpngalaman

  75. kak aku pgn jd psikolog tp jurusan nya apa aja selain yg diatas terutama yg di undip
    ak malah pgnya mempelajari ttg penyimpangan mental tp kok psikolog cm bs nanganin org normal y?

  76. Misi mbak” mas” smua , mau nmpang tanya ni
    kalo llusan s1 priknan bisa nrusin s2psikologi g?hhehe…jauh amat y mlenceng
    trs s2 psikologi yg ad d univ mna aj?
    Sya skrng kul d undip priknan, ap d undip ad s2 psikologi?

  77. kak tmau tanya,kalo mau ambil pssikologi prospek kerjanya yang S1 apa aja??banyak gak?apa harus s2 dulu..??
    tolong dbaless…

  78. ka mw tanya klo kita msuk jurusan psikologi msuk’a pa ja tes’a mksud’a

    susah kaga ka……
    mohon jwabanya

  79. Punten. .mau nanya,,prospek lulusan psikologi S1 gmana y?bisa kerja dmana aja?
    Maksh sblm’y atas jwbn’y. .^_^. .

  80. halo kak,aku mau nanya pas msk jur.psikologi pelajaran awal yg dipelajari itu apa aja?perbedaan jur.psikologi ipa dngn ips(dlm univ.) apa y? apa bener kalo msk jur.psikologi (yg ips) jg mempelajari ttng biologi gitu? menurut kaka,saya kan ips,kira2 kalo ada materi ipa,yg dr jur.ips bisa nangkep gak materi ipanya? kak prospek yg lulusan s1 itu bagaimana? maf kak bnyk pertanyaan.hehe.mohon jawabanya ya kak.trims :)

  81. @vieta

    tadi saya lihat ada beberapa jujuran untuk psikolog, saya tertarik tetang psikolog kesehatan/klinis??
    bisa tolong dijelaskan??

    terimah kasih..
    salam kenal^_^

  82. ka aku kelas 3 jurusan ips aku ada rencana buat ngambil juusan psikologi mau tau apa aja sih yang mesti di pelajari tentang psikologi ? terus
    terimakasih :)

    mohon bantuannya yahh buat kakak” yang sdah berpngalaman

  83. Assalamualaikum mb. saya pingin banget msk psikologi. tp ortu ga ngizinin buat ke sana. krn ktnya prospek kerjanya kecil.lalu bagaimana saya meyakinkan ortu saya,apa kelebihan psikologi sndiri? trims :)

  84. kakak mau tanyak ini , aku dari anak ips mau ambil jurusan Psikologi USU ,bisa gak ya kk ? soalnya kan di USU untuk jurusan IPA ya ?
    makasii tolong di jawab secepatnya ya kk :)

  85. ass…
    mbak mau tanya,saya SMA jurusan IPA saya tertarik sama jurusan psikologi,kebetulan saya tinggal di daerah semarang timur,btw ada ngga univrsitas lain yang punya fak. psikologi yg baik di daerah jateng selain UNDIP.? karena UNDIP kan masukknya sulit,lagipula aku ngga trlalu pintar nich..

    mohon di jawab ya mbak..!!!

  86. apa lulusan psikolog bs kerja di rumah sakit jiwa?jika ambil psikolog apa kita juga di ajarin cara membaca sikap/sifat orang?/memang ada buku panduannya?

  87. @untuk yang lulusan SMK, sy kira bisa aja masuk psikologi, tidak dibatasin kok

    @92 desca : kalau tentang persaingan…coba digoogle aja… kl psi unpad, yg sy tahu, akreditasinya sudah A

    @93 & 94 : kalau jurusan psikologi, yang dipelajari banyaaakkk sekali, karena psikologi itu menyentuh seluruh aspek kehidupan, dari sosial, pendidikan, kesehatan, industri organisasi,dan sebagainya…pokoknya dimana aja manusia, disana juga diperlukan ilmu psikologi :)

    @95 wulan : kalau jamannya saya, masuk psi undip harus dari IPA, krn dulu masih berada di bawah fakultas kedokteran… tapi krn sekarang sdh jadi fakultas, sptnya sudah bisa melalui jalur IPS..

    @96 adi prasetyo &97 amalia : sebagian besar menerima IPS kok, termasuk UI dan UGM.

    @98 nita herliani : kriteria untuk bisa masuk jurusan psikologi? apa ya, sy juga bingung hehehee… yg penting senang belajar dan punya pemikiran yang terbuka :)

    @99 yezhe : sama2..semoga berguna ya diskusi nya

    @100 OLINE : kalau jurusan lain, bs lihat di websitenya undip (www.undip.ac.id).. memang kalau ilmu psikologi lebih mempelajari sifat-sifat normal orang, memang ada sedikit pelajaran abnormalitas, tapi tidak banyak,. kalau abnormalitas, lebih banyak dipelajari melalui jalur kedokteran dan mengambil spesialis kedokteran jiwa (SpKJ)

  88. @101 alfian : kalau jurusan S1 nya bukan psikologi, bisa ambil S2 psi, tp gelarnya bukan Magister Psi, tapi Magister Sains (kalau sy gak salah)..
    kalau di psi undip setahu saya blm ada S2 nya..

    @102 rezza & 104 len : lihat komen saya no 2 ya

    @ 103 hasbi : tesnya ya sama spt tempat lain, melalui SMPTN :)

    @ 105 monica : seinget saya, pelajaran yang ke-IPA-IPA-an gak banyak, paling ya statistika dan psikologi faal (sedikit berbau biologi). lainnya pelajaran sosial

    @106 ai-nuphie t’thective : psikologi klinis atau kesehatan adalah ilmu gabungan klinis dengan psikologi, artinya bagaimana kesehatan manusia ditinjau dari sisi psikologisnya.. misalnya orang yang sakit, selain bisa diobati secara medis, juga sisi mentalnya juga bisa “diobati” untuk menunjang kesembuhan yang lebih cepat

    @ 107 dwihanalestari : kalau jurusan psikologi, yang dipelajari banyaaakkk sekali, karena psikologi itu menyentuh seluruh aspek kehidupan, dari sosial, pendidikan, kesehatan, industri organisasi,dan sebagainya…pokoknya dimana aja manusia, disana juga diperlukan ilmu psikologi

    @ 108 besta : saat ini psikologi adalah ilmu yg sangat dibutuhkan dimana2… lihat komen saya no 2 ya.. semoga sukses meyakinkan ortumu.. :)

    @ 109 LichaRAS : coba disearch lagi, USU dah menerima IPS belum? kl belum, licha ambil IPC aja..

    @110 : agung hermawan : Unika Soegiyo pranoto ada fakultas psikologinya..

    @ 111 & 112 Safii Dquatro & 113 Oktavia Safii : bisa kerja di RSJ, cuma mungkin harus ambil S2 juga untuk izin prakteknya.. di psikologi ada pelajaran matematikanya, yaitu ilmu statistika, biasanya digunakan untuk penelitian kuantitatif

    @ 114 Diyas R Susilowati (@rsdiyas) : hhehehee..semoga sukses ya masuk psi undip :)

  89. sya rencana pngn bgt maasuk fak. psokolgi di undip jogja,, tp dya tmpung cm 20?? jd pesimis sya.. n saya jg mau nanya gmn dengan biayanya sis?? biaya persemester brp?? soalnya sya dari kaltim ne mhon bntuanya.. :) atau bisa hub sya lewat fb thankz

  90. Ass,, kaq
    saya mw tnya, saya smAnya mengambil jurusan ipA, dan apabila nanti saya meneruskan ke jurusan psikologi apakah saya akan mendapatkan kesulitan untk memahami psikologi itu sendiri?

  91. kak
    maksudnya psikologi undip ga valid, gimana saya kurang mengerti?? terima kasih jawabannya..:D

  92. Mbak
    ky pngn ambl psikologi d USU
    kr2 ad pluang tuk LULUS gk??
    truz low yg swasta kr2 d kmpus mn y mbak??
    tp yg akreditasi
    mksi

  93. assalamualaikum kaka yang baik:)

    saya dari jurusan ips (tahun depan insya allah lulus SMA), tertarik banget sama psikologi, pengennya lanjut di UNPAD, sedangkan di UNPAD kan harus dari jurusan IPA, kalo saya daftar disana, ambil IPC, kemungkinan diterimanya gimana ya ka?
    ditunggu balesannya :) thx

  94. kalau dari lulusan SMK kesehatan bisa masuk psikolog gx??kira* yg di uji mata pelajaran apa saja??

  95. halo kak, saya siswa kls 12 dan ingin masuk jurusan psikologi soalny pengen jadi seorg motivator. ada yg bilang bagusnya ngambil komunikasi tpi saya lbih prefer ke psikologi. Soal prospek masa dpn tdk saya permasalahkn, bknkah kompetensi itu lbih penting dari kualifikasi akademik:). trus sbg senior bisa gak kasih saran apa sj yg harus kita siapkan utk dpt m’jadi expert dlm bidang psikologi slain tentunya minat dan tekad yg kuat.
    thanks before;)

  96. Ass,,,kak mau nanya, saya lulusan SMK Pariwisata, di SNMPTN ini saya lulus di jurusan psikologi, skrg saya bingung mau nerusin jurusan saya atw ambil psikologi? kira2 prospek kerja yang lebih tinggi di sektor pariwisata atau psikologi ??? minta sarannya kak, makasih :)

  97. ka, saya mau nanya dong ..
    Jadi kalo masih S1, kita gabisa buka praktek ya ? Trus kalo S1 selesai kita bisakan langsung kerja disekolah, dikantor, rumahsakit dll ??

  98. saya mau tanya kak, saya tertarik masuk Psikologi, tpi bimbang jg antara Ilmu Komunikasi atau Psikologi , yg mo sy tanyakanbener gak sih Kuliah di psikologi itu lama kaya kalu kuliah dikedokteran ? Trs Psikolog bisa jd PNS gak ya? Heheheee

  99. mungkin ga sih orang yg kurang dalam ilmu perhitungan sperti MTK, FISIKA, KIMIA bisa masuk psikolog?

  100. hallo kak, saya sekarang kelas 12 jurusan ips. saya itu pingin banget masuk fak.psikologi, pingin nanya deh, kuliah di psikologi perlu modal apa sih selain niat? atau ada mungkin beberapa mapel yang nilai nya harus tinggi? makasih ya kak :]

  101. selamat siang mba, saya mau nanya niih, saya kan sudah lolos di fak. psikologi undip, dsna hnya ada psikologi anak aja yaa, kalo psikologi industri gak ada? dan mengenai kegiatan mahasiswa dsna seru-seru gak ya mba?makasih mba sblumnya :)

  102. selamat malam mb saya mau nanya kalo psikologi itu masih ada sangkutannya dengan pelajaran matematika ga ya?

  103. sipp lah,,, mantrp,, jdi punya cita cita.. masalah kerja,, insya ALLAH, akan slalu ada kalo mau usaha dan ada doa :D

  104. wahhhh mauu masuk fak.psikologi :) tapi gatau harus masuk undip atau unpad :’) karena saya anak IPA :)

  105. oh ya,,, boleh mintak nomor HP kakag2 sekalian gx … pengen tau banyak tentang dunia psikologis nih ,,,, ni nomor HP saya 085375657780…
    tolong bantu saya yah kak ….
    thanks

  106. hai kakak,:-) ni octa, aku ad minat ke psikolog, mw tanya waktu kk mau masuk fakkultas psikolog brapa peserta yang daftar? kk ngerasa bisa banget ya ngerjain soal-soalnya ya? kasih tau kisi-kisi nya dong kak, tapi yang dari jrusan ipa ya? :-) , mhon bntuannya kk hehehe

  107. hem,
    pengen banget bisa masuk ke jurusan psikolog :)
    minta doanya ya buat kakak2 yg uda sukses :)
    @silvi :D

  108. kak mau tanya kan saya skolah sma jurusa ipa, nah itu kemungkinan buat masuk jurusan psikolog gmn? trs jurusan psikolog yg lulusan sma nya jurusan ipa bisa kuliah dmn ajah?

  109. untuk UNS sampai sekarang masih menerima jurusan IPA karena masih di bawah fakultas kedokteran, tapi daya tampungnya kr2 hny 90 orang untuk angkatan 2012 ini

  110. kak.. kalo psikolog ugm jurusan yang diprioritaskan jurusan apa ya? soalnya denger denger ugm ngambilnya dari ipa?
    bls ya.. trimakasih.:-)

  111. asslm…
    kakak…aku mau tanya, kalau mw msuk fk.psikolog it ad tes2 trtentu gax.??
    misalnya tes kesehatan gitu.??
    kalau kakak gak keberatan, tlg jawab ke ponsel ak aj ya kak, ini nmr ny 085215073114…
    trima ksih bnyak kakak….:)

  112. Saya mau tanya kalau misalkan saya jurusan ipa! Mau masuk psikologi unj lewat jalur undangan itu bisa apa engga ya??? Makasiiih sebelumnya:)

  113. ka mw tanya ne.
    kalw psikolog di upi itu bagus ga lulusanya.terus dapet kerjanya gampang ga?
    di upi juga psikolog yah bisa kn di masukin sma jurusan ipa?
    oh yah yang di upi it jurusan psikolog yh ipa/ips yah?

  114. kka saya ingin tanya,,
    apakah prospek kerja untuk jurusan Psikologi bagus/banyak peluangnya, jika sudah lulus nanti ?
    apakah ada Perusahaan yang membutuhkan jasa Psikologi ?
    dan contoh Prusahaan/Intansi apa yang membutuhkan jasa Psikologi ?

  115. kak, kalo mau masuk psikolog nilai yang harus diperhatiin apa ya? :(
    terus kalo dibandingin teknik geologi mendingan mana?
    aku pengen banget psikolog tapi nggatau prospek masa depannya kak :(
    psikolog unpad bagus kan? aku anak ipa, bisanya masuk situ :(

  116. saya sangat minat sekali untuk memulai masuk dunia psikologi, menurut saya sangat menarik juuga sangat memotivasi.
    namun masih banyak info yg perlu saya tau untuk menguatkan niat saya.
    saya mau tanya mbak kata teman saya psikologi itu berat karna menyimpan beban berat harus menangani beban masalah/kejiwaan orang banyak sedangkan kita sendiri juga memiliki masalah tersendiri, bisa” itu membuat kita jadi strress sendiri APA ITU BENAR MBAK?
    dan juga saya ingin masuk fakultas psikologi jalus SNMPTN lewat bidik misi namun saya ragu klo banyak pesaing sehingga saya tersisihkan, Saya harus bagaimana dan strategi apa yg harus saya lakukkan?
    juga kalo saya ingin jadi psikoterapist & pendidik psikologi apa yg harus saya ambil?
    makasih mbak ditunggu jawabnnya :)

  117. kak, peluangnya lulusan psikologi yg hnya S1 luaaaaas nggak sih ?
    apa kalau hanya S1 itu nyari kerjanya sulit atau tetap mudah ? dan banyak dibutuhkan nggak kalau hanya S1 ??? pliss balas kak

  118. wah q baca dari awal sampai akhir pertanyaanya hmpir sama semua ya,,kira2 kalo llsan s1 blum bisa praktek sendiri y mbak,,

    pusing mikirin psiklog ympeng g bisa tidur,,

  119. Pingback: Apa saja yang dipelajari di jurusan Psikologi? | ghie

  120. kalo uny itu ada psikolognya engga yah?? trus kalo psikolog di ugm itu termasuk nya ke jurusan ipa or ips?? maksudnnya nanti test nya soal ipa or ips?? mks.

  121. setelah saya liat2 lagi…ternyata saingan masuk Psiko undip paling ga kompetitip, saya jadi bertanya-tanya, saya ini valid ga sih gelar sarjana psikologinya heheheee…..maksudnya gmn kak?kakak gagal jd psikologi krn undip paling ga kompetitif?

  122. kakak dulu dari jalur undangan apa tes?
    kalau test apa aja mata pelajaran yang di pakai ^^

  123. kak biaya kuliah fak. psikologi kalau masuknya jalur mandiri itu lebih mahal ya? uang persemester sama uang masuknya? kakak dulu masuknya biayanya berapa?:) thanks qaqaaaaaa

  124. maaf,mau sedikit tanya2 kalo boleh nih mbak..
    saya rencana mau ngambil s2 psikologi dengan peminatan di psikologi terapan..
    mungkin mau ngambil industri organisasi/sdm, atau ke psikologi pendidikan.
    kira2 dimana ya yang murah?maklum baru aja lulus s1 dan masih kerja serampangan jadi belum kuat kayaknya kalo mau yg mahal2..
    hehe,

  125. kaka mau tanya dong….
    klo jurusan smk IT trus mau lanjutin kuliah fak.psikologi bisa ga yaa,,?
    soalnya pengen banget ni msuk psikologi,hihihi
    mohon jawabannya,,,:)

  126. ass.
    * ka ma’af mau tanya kalo ilmu fisikolog itu ilmu tentang mempelajari apa sihhh,…???

    mohon jawabannya yahhh,…????

  127. assalamualaikum
    kak mau tanya. ada yang bilang tamatan psikologi bisa jadi dosen akper? bnar gk kak?
    trus kalau jadi psikolog kita cuma bisa menangani orang gila saja?
    mhon di jwab ya kak

  128. Assalamualaikum… ka kalau syarat masuk psikologi biasanya apa? saya berharap banget bisa diterima di UNPAD…
    terimakasih ka….. mohon bantuannya…… :)

  129. Assalamualikumkakaa numpang tanya dong kalo mau masuk jurusan psikologi tuh pas di tes masuk nya di tes apa aja ya? nilai rapot ngaruh ga kaa?

  130. hemm enaknya ambil jurusan psikologi apa.???
    trus apa harus dari jurusan IPS ya..????
    nilai yang mencukupi juga berapa..????

  131. halo kakak.Saya yesi
    .wah..diskusi ini sangat bermanfaat ya kak…Sy mau nnya kk…di psikologi kan ada banyak ukak..ada bidng industri,,klinis,anak,dll..itu gimana sih kak?lalu klo tamatan psikologi itu biasanya kerjanya di lapangan,atau di perkantoran gitu kak?..
    Terima kasih kakak..

  132. KAk,lw msuk psikogis itu biaya
    Kuliahny mhal y kak? Trus wikha pngen bgt kak,masuk usu tpi ktanya uga,nilainya uga hrus tinggi,gmna y kak? Gra2 biaya itu kTa ortu wikha jgn ambil psikologis

  133. KAK MAU NANYA,kalau kita pengen masuk f.psikologi ada nggak jalur online nya masksud nya daftar nya itu lewat online kan rumah saya jauh jadi nya harus ada alternatif yang mudah…….bagaimana itu kak??????

  134. kak kriteria untuk masuk fakultas psiko,logi itu gimana sih kak,,,?????apakah harus pintar dalam segala bidang ilmupengetahuan????
    kak ini alamat fb ku =harlik forest….smoga kita bisa berteman

  135. assalamualaikum kk…kk btw stlah kta llus s1
    ..nntr s2 or s3 ny ad beasiswa gk…tlong infony kk
    trmaksih..

  136. assalamualaikum kk…kk btw stlağh kta llus s1
    ..nntr s2 or s3 ny ad beasiswa gk…tlong infony kk
    trmaksih..

  137. permisi .. saya tu pngn bgt masuk fakultas psikologi dan tau lebih banyak ttg fakultas psikologi..
    apa seorang psikolong tidak boleh punya suatu hal yg mengganggu spt, sensitif, dan semacamnya? tapi saya suka mengamati ssorang, mngamati tingkah lakunya, dan karakternya.. bgmn ini? tlng di jwb ya.. trims..

  138. bantu jawab aja ya..
    psikologi intinya adalah mempelajari ilmu kejiwaan. dan untuk mendapat satu pengamatan tentang kejiwaan seseorang, kita harus melakukan observasi.
    kl dibilang ga blh punya sesuatu hal yang ganggu, sebenernya enggak ya. tp kita dituntut mengkesampingkan opini pribadi dan diharuskan menghindari subjektifitas.
    jadi apa yang kamu liat itu yang kamu laporkan tanpa memasukan pendapat atau pemikiran kamu pribadi (kecuali diperlukan).
    buat saya pribadi, psikologi itu menarik banget. karena kita diajarkan untuk lebih peka dgn isu” sosial tapi tetap dituntut untuk sesuai etika yang berlaku.
    sekian dari saya, mudah”an membantu dan mohon maaf apabila ada kesalahan.

  139. wah mbak,saya dri awal sudah sangat tertarik untuk kuliah di jurusan psikolog:D
    mohon doanya ya mbak supaya saya bisa menggapai cita-cita sya sebagai psikolog jiwa:)
    amin ya rabb:)

  140. saat ini saya sedang kuliah di jurusan bukan psikologi. setelah banyak membaca buku psikologi saya jadi tertarik belajar psikologi. bisa gak ya lulusan s1 bukan psikologi ngambil s2 psikologi??

  141. asalamualaikum :)
    kalo ngambil jurusan psikogi itu mesti ngambil S2 ga si biar lebih paten lagi dan masuk psikogi itu susah atau ga , soalnya aku mau ngambil jurusan psikologi di mercubuana cuma aku bingung karna di mercu ada tes seleksinya . tolong sarannya ya :)
    makasih

  142. Hello to all, how is everything, I think every one is getting more from this website, and your views are fastidious in support of new viewers. ddkdakfekada

  143. Ass, mbak kalo mau ngambil program studi psikologi wktu jenjang SLTA ny itu lebih baik ngambil jurusan Ipa atau Ips??

  144. bissmillah riapsyco hi saya ria saya anak psikolog unm mau tanya apa peluang kerja dari psikolog itu sendri soalnya informasi yang saya terima masih simpang siur , dan jujur saja saya tertarik pada psikologi klinis dan industri organisasi , saya ingin tanya yang mana sich yang lebih luas lapangan kerjanya klinis or industri ?????
    trims

  145. Ass, mba yg cantik, saya kan jurusan IPA mau masuk fak. Psikolog di unpad. Tapi ada pilihan ke2 yaitu swasta Unjani. Apa swasta itu bisa menerima walapun saya jurusan SMA IPA? Terimakasih:)

  146. aku kan sekrang kuliah S1 jurusan pgra/pgpaud. kalau mau nerusin S2 ke jurusan psikolog tuh bisanya masuk ke jurusan psikolog apa ya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s